PENERAPAN STAND SISTEM PENERANGAN UNTUK MENGETAHUI KETERAMPILAN PRAKTIKUM PADA MATA PELAJARAN KELISTRIKAN

  • Lailata Nala Zulfa Chusna Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Aci Primartadi Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Suyitno Suyitno Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: Stand, Kelistrikan, Keterampilan

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui penggunaan stand kelistrikan sistem penerangan pada hasil keterampilan praktikum peserta didik., dan (2) untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan peserta didik pada praktikum kelistrikan sistem penerangan.

Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus yang dilaksanakan pada siswa kelas XI TKRO A SMK Muhammadiyah 1 Jakarta tahun ajaran 2022/2023, yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan Teknik tes. Analisis data dilakukan untuk mengetahui apakah penggunaan metode stand kelistrikan sistem penerangan ini diharapkan mampu meningkatkan hasil keterampilan praktikum siswa kelas XI TKRO A SMK Muhammadiyah 1 Jakarta.

Berdasarkan hasil analisis data ada peningkatan prestasi belajar siswa pada keterampilan praktikum pembelajaran Teknik Kendaraan Ringan Otomotif dikelas. Penggunaan stand kelistrikan system penerangan ini dapat meningkatkan hasil keterampilan praktikum siswa yang mana siswa menjadi lebih paham terhadap pembelajaran yang diberikan oleh guru melalui stand kelsitrikan system penerangan. Hal ini dibuktikan dengan  kemampuan awal siswa dari kelas  dicari melalui pretest sebesar 74 dengan ketuntasan mencapai 33%. Pada pembelajaran siklus I dan II observer menggunakan stand kelistrikan sistem penerangan. Hasilnya terjadi peningkatan hasil keterampilan praktikum yaitu rata-rata hasil keterampilan praktikum menjadi 80 pada siklus I dengan kentuntasan mencapai 75%. Pada akhir siklus II diperoleh rerata hasil tes sebesar 83 dengan ketuntasan mencapai 83%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan stand kelistrikan sistem penerangan dapat meningkatkan hasil keterampilan praktikum dan keterampilan praktikum kelas XI TKRO A di SMK Muhammadiyah 1 Jakarta.

 

References

Syah, J. M., & Sofyan, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP di Kampung Paledang Suci Kaler pada Materi Segiempat dan Segitiga. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 373-384.
Tabrani, Z. A. (2013). Kebijakan Pemerintah dalam Pengelolaan Satuan Pendidikan Keagamaan Islam (Tantangan Terhadap Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah). Serambi Tarbawi, 1(2).
Jamroh, Muhammad Abu. (2015). “Penerapan Metode Alat Peraga Engines Cutting untuk Meningkatkan Hasil keterampilan praktikum Perawatan Dan Perbaikan Mesin Kelas X Di SMK YPT Purworejo”. Skripsi. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Adha, Dul. (2022). “Penerapan Blended Learning Model Flipped Classroom pada Mata Pelajaran PMKR Untuk Meningkatkan Hasil keterampilan praktikum Peserta Didik Kelas XI TKRO SMK Pancasila 1 Kutoarjo.Skripi. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Widoyoko, Eko Putro. 2020. eval_uasi Program Pembelajaran. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Published
2024-06-18
How to Cite
Nala Zulfa Chusna, L., Primartadi, A., & Suyitno, S. (2024). PENERAPAN STAND SISTEM PENERANGAN UNTUK MENGETAHUI KETERAMPILAN PRAKTIKUM PADA MATA PELAJARAN KELISTRIKAN. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 19(02), 79-83. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/autotech/article/view/6140