Peningkatan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Pada Pembelajaran Praktik Teknik Pembentukan Dasar dengan Menggunakan Metode Project Based Learning
Abstract
Penelitian ini merupakan Penilitian Tindakan Kelas (PTK) dan setiap siklus dimulai dari perencanaan (planning), tindakan (Action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Subyek penelitian adalah mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif UM Purworejo dengan jumlah total 36 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, catatan lapangan, wawancara dan studi dokumen. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan sebelum dilakukan perlakukan, pada saat pelakuan dan setelah dilakukan perlakuan. Pada pra-siklus dilakukan terhadap data hasil study pendahuluan yang akan digunakan untuk menentukan fokus penelitian. Dari data hasil penelitian selama proses pembelajaran diolah dan dianalisis secara deskripsi kualitatif.
Berdasarkan data yang diperoleh dalam pembahasan hasil penelitian penerapan model Project Based Learning pada pembelajaran praktik Teknik Pembentukan Dasar dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa semester II Progam Studi Pendidikan Teknik Otomotif tahun ajaran 2019/2020 dapat disimpulkan sebagai berikut; a). Penilaian prestasi mahasiswa dilihat dari tingkat hasil kerja siswa sebelum tindakan pada nilai rata-rata 65,8 dengan prosentase tingkat kelulusan sebesar =13,89%, b). Di siklus I pada nilai rata-rata 73,8 dengan prosentase tingkat kelulusan sebesar =72,22% dan c). Pada siklus II nilai rata-rata 82,0 dengan prosentase tingkat kelulusan sebesar =100%. Setelah menganalisis hasil tindakan setiap siklus dapat diketahui bahwa hasil data setiap siklus mengalami peningkatan, terutama pada siklus II, yang menjelaskan peningkatan yang signifikan pada prosentase sebesar 100% dari seluruh siswa dengan jumlah 36 mahasiswa, sehingga penerapan model pembelajaran ini dalam katagori berhasil
References
Kemmis, S & McTaggar, R. (1988). The action research planner (3rded).Melbourne: Deakin University Press.
Koper, R & Tattersall. (Ed.) 2005). Learning design, a handbook on modeling andelivering networked education and training. Verlang Berling: Springer
Maclean, R. & Wilson. D. (eds). (2009). International handbook of education forthe changing world of work. UNESCO. Paris: Springer.
Mulder, M., T. Weigel & K. Collins (2006). The concept of competence conceptin the development of vocational education and training in selected EUmember states. A critical analysis. Journal of vocational education andtraining, 59,1, 65-85.
Mulyatiningsih, E. (2011). Riset terapan bidang pendidikan dan teknik.Yogyakarta: UNY Press.
Purwadinata, (2013). Psikologi Pendidikan dengan Pendidikan Baru. Bandung; PT Remaja Rosdakarya
Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu: Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.
Suyitno, S. (2018). Penelitian Tindakan Kelas, Eksperimen dan R & D. Alfabeta. Bandung.
Suyitno, S., Widianto, I., & binti Masrul, S. (2018). Development of learning media for the course of two-stroke gasoline motors to improve students’ learning outcomes. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 24(1), 83-90. https://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/view/18008/10719
Suyitno, S., & Pardjono, P. (2018). Integrated work-based learning (I-WBL) model development in light vehicle engineering competency of vocational high school. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(1), 1-11. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/14360/10387
Rohmanato, R., & Suyitno, S. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM KEMUDI TIPE RACK AND PINION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN CHASSIS KELAS XI TKR SMKN 6 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2016/2017. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 12(01).
Sutrisno, Y., & Suyitno, S. (2018). UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING PADA SISWA KELAS XI TKR B SMK NEGERI 4 PURWOREJO. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 12(02). http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/autotext/article/view/4882/4486
Anggoro, Y., & Suyitno, S. (2019). PENGARUH PELAKSANAAN PRAKTIK INDUSTRI DAN MINAT WIRAUSAHA DENGAN KESIAPAN MENTAL KERJA SISWA KELAS XII JURUSAN TEKNIK SEPEDA MOTOR SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMON. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 13(02). http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/autotext/article/view/5395/4933