Pembuatan Alat Ukur Spooring Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Sistem Kemudi

  • Apriliyanto Apriliyanto Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Suyitno Suyitno Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Alat ukur, Spooring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menambah minat dengan menggunakan media alat ukur spooring pada mata kuliah sistem kemudi pada mahaiswa pendidikan teknik otomtif. Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D) dengan subyek penelitian yang diambil adalah mahasiswa semester VI Progam Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo yang berjumlah 28 mahasiswa. Dengan sampel jenuh satu kelompok diambil 20 mahasiswa dri 28 mahasiswa , dengan metode sampel data yaitu sebelum dan sesudah menggunakan alat. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket) untuk mengetahui kelayakan media yang digunakan untuk penelitian. Uji analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas uji t-test. Dari hasil penelitian, menunjukan bahwa : 1) prosedur pengembangan media pembelajaran alat peraga meliputi pencarian potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, pengujian produk, uji coba pemakaian dan revisi produk. 2) media pembelajaran alat peraga layak digunakan untuk media pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan dari ahli media yang menunjukan skor rata – rata 3,33. Validasi dari ahli materi yang menunjukan skor rata – rata 3,1. Media pembelajaran alat peraga juga telah memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan melalui respon mahasiswa yaitu meliputi uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata – rata 2,74 yang meliputi 5 mahasiswa Hasil penelitian menunjukkan nilai minat belajar mahasiswa setelah menggunakkan alat ukur spooring adalah 75,63 dengan standar deviasi sebesar 6,06 sedangkan hasil minat kelas kontrol adalah 64,88 dengan standar deviasi 4,90. Hal ini menunjukkan minat belajar mahasiswa kelas sesudah menggunakan alat lebih baik dari kelas sebelum. Hasil penelitian diperkuat dengan pengujian hipotesis dengan uji t dengan varian sama. Hasil penelitian menujukkan bahwa nilai t hitung sebesar 11, 82 lebih besar daripada t tabel sebesar 1,68. Hal ini diartikan bahwa minat mahasiswa yang belajar menggunakkan alat ukur spooring sebagai media pengukuran pada mata kuliah sistem kemudi lebih baik daripada mahasiswa tanpa media pengukuran.

Published
2019-06-28
How to Cite
Apriliyanto, A., & Suyitno, S. (2019). Pembuatan Alat Ukur Spooring Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Sistem Kemudi. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 14(2), 103-108. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/autotech/article/view/543
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)