Pengembangan Platform Pasar Digital sebagai Inkubator Digital Bisnis Mahasiswa

  • Murhadi Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: Pemasaran, Produk mahasiswa, Pasar Digital Mahasiswa

Abstract

Produk mahasiswa dari kompetisi mahasiswa seperti PKM, KBMI dan kegiatan lomba kewirausahaan sangat banyak. Produk berupa makanan siap jual dan produk hasil pemanfaatan limbah sangat banyak. Tetapi produk tersebut seringkali tidak berkembang dan hilang seiring berakhirnya kompetisi. Hal ini disebabkan karena kurang nya media yang dapat menyalurkan produk mahasiswa. Penelitian ini akan mengembangkan Pasar Digital Mahasiswa (PadiMas) yang bertujuan untuk mendorong pemasaran produk karya mahasiswa yang lebih luas. Proses pengembangan aplikasi PadiMas dimulai dari identifikasi kebutuhan, pengembangan aplikasi, uji coba, sosialisasi, implementasi dan evaluasi. Untuk melakukan evaluasi dilakukan dengan melalui metode survey sehingga akan dapat di lihat kepuasan pengguna dengan aplikasi PadiMas. Pasar Digital Mahasiswa yang dikembangkan berupa platform Marketplace dimana mahasiswa dapat memasarkan produk, dan menjual produknya dengan lebih luas. Sehingga masyarakat luas dapat mengenal produk mahasiswa dan dapat menggunakan produk karya mahasiswa dengan harga terjangkau. Selanjutnya platform ini dapat dijadikan sebagai digital inkubator bagi mahasiswa untuk belajar mandiri melalui bidang kewirausahaan.

References

Zhou Hong, et al (2012). Entrepreneurship Quality of College Students Related to Entrepreneurial Education. 2012 International Conference on Future Electrical Power and Energy Systems, 1907-1933

Cholichul Hadia, et al (2015). Entrepreneurship and Education: Creating Business Awareness for Students in East Java Indonesia. Global Conference on Contemporary Issues in Education, 459-463.

Wicaksono Febriantoro (2018). Kajian Dan Strategi Pendukung Perkembangan E-Commerce Bagi Umkm Di Indonesia Manajerial, Vol. 3 No.5 Juni 2018, Hal – 184-207.

Eko Kus Prasetyo, dkk (2016) Perancangan Website Public E-Marketplace Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Temanggung. Seminar Nasional Ilmu Komputer (SNIK 2016), 238-246.

Mireille Matt et Véronique Schaeffer (2018. Building Entrepreneurial Ecosystems Conducive to Student Entrepreneurship: New Challenges for Universities. Journal of Innovation Economics & Management 2018, 9-32.

Turban E., David K., Jae Lee & Liang TP. (2010). Electronic Commerce 2010. Pearson Education Publisher.

Schmuller, Joseph. (1999). Teach Yourself UML in 24 Hours. Indianapolis: Sams Publishing.

Published
2020-11-30
How to Cite
Murhadi. (2020). Pengembangan Platform Pasar Digital sebagai Inkubator Digital Bisnis Mahasiswa. INTEK : Jurnal Informatika Dan Teknologi Informasi, 3(2), 76-82. https://doi.org/10.37729/intek.v3i2.3057
Section
Articles