Perancangan E-Modul Eksperimen Berbasis Discovery Learning Pada Pembelajaran IPA

  • Ade Astriani IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
  • Soka Hadiati IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
  • Ira Nofita Sari IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
Keywords: E-Modul, Discovery learning, Eksperimen, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul elektronik dan respon siswa terhadap penggunaan modul elektronik berbasis discovery learninng pada praktikum IPA materi listrik dinamis di kelas IX SMPN 2 Sangai Ambawang. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan prosedur penelitian menggunakan model rancangan ADDIE, yang dimodifikasi yaitu (1) Analysis, (2) Design, dan (3) Development. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas subjek pengembangan yaitu tiga validator. Subjek ujicoba produk yaitu siswa kelas IX C SMPN 2 Sungai Ambawang. Teknik pengumpul data dalam penelitian ini adalah teknik komunikasi tidak langsung dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data untuk kelayakan modul elektronik menggunakan skor penilaian ahli media dan ahli materi. Teknik analisis data untuk respon siswa terhadap penggunaan modul elektronik menggunakan skala likert. Berdasarkan validasi ahli media diperoleh rata-rata skor yaitu 77% dengan kriteria layak, validasi ahli materi diperoleh rata-rata skor 80% dengan kriteria layak, dan hasil respon siswa diperoleh rata-rata skor 81% dengan kriteria respon sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-02
How to Cite
Astriani, A., Hadiati, S., & Sari, I. N. (2022). Perancangan E-Modul Eksperimen Berbasis Discovery Learning Pada Pembelajaran IPA . Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 3(2), 45-53. https://doi.org/10.37729/jips.v3i2.1761
Section
Articles