Perancangan E-Modul Eksperimen Berbasis Discovery Learning Pada Pembelajaran IPA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul elektronik dan respon siswa terhadap penggunaan modul elektronik berbasis discovery learninng pada praktikum IPA materi listrik dinamis di kelas IX SMPN 2 Sangai Ambawang. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan prosedur penelitian menggunakan model rancangan ADDIE, yang dimodifikasi yaitu (1) Analysis, (2) Design, dan (3) Development. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas subjek pengembangan yaitu tiga validator. Subjek ujicoba produk yaitu siswa kelas IX C SMPN 2 Sungai Ambawang. Teknik pengumpul data dalam penelitian ini adalah teknik komunikasi tidak langsung dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data untuk kelayakan modul elektronik menggunakan skor penilaian ahli media dan ahli materi. Teknik analisis data untuk respon siswa terhadap penggunaan modul elektronik menggunakan skala likert. Berdasarkan validasi ahli media diperoleh rata-rata skor yaitu 77% dengan kriteria layak, validasi ahli materi diperoleh rata-rata skor 80% dengan kriteria layak, dan hasil respon siswa diperoleh rata-rata skor 81% dengan kriteria respon sangat baik.
Downloads
Copyright (c) 2022 Ade Astriani, Soka Hadiati, Ira Nofita Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.