Strategi Jembatan Konsep Analogi Untuk Meningkatkan PhyHOTS Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika
Abstract
Pemahaman konsep dan penguasaan analisis terhadap suatu fenomena dalam pembelajaran fisika dapat disajikan dengan menarik dan menyenangkan jika didukung strategi pembelajaran yang tepat. Konsep dasar yang berasal dari lingkungan dan pengalaman sehari-hari perlu ditinjau kembali agar tidak terjadi miskonsepsi. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dampak penerapan strategi jembatan konsep guna meningkatkan PhyHOTS siswa dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 128 siswa dan diambil 64 siswa dengan cara acak untuk kelas kontrol dan eksperimen. Instrumen penelitian menggunakan perangkat tes HOTS. Data dianalisis menggunakan Mann-Whitney U-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi jembatan konsep dalam pembelajaran fisika memiliki dampak yang cukup signifikan untuk meningkatkan HOTS fisika jika dibandingkan dengan model konvensional. Strategi ini dapat dimanfaatkan sebagai alternatif dalam pembelajaran fisika di sekolah.
Downloads
Copyright (c) 2023 Eko Setyadi Kurniawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.