Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Model PjBL dengan Media Kartu

  • Andista Candra Yusro Universitas PGRI Madiun, Jawa Timur, Indonesia
  • Riza Ardania Universitas PGRI Madiun, Jawa Timur, Indonesia
Keywords: Pembelajaran, IPA, Berdiferensiasi, PjBL, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa SMPN A Jombang tahun pelajaran 2022/2023 setelah melalui pembelajaran berdiferensiasi model PjBL dengan media kartu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian sebanyak 33 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kuantitatif dengan indikator keberhasilan 85% siswa tuntas secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I terjadi peningkatan dari 48% menjadi 64% namun masih belum dinyatakan berhasil sehingga berlanjut pada tindakan selanjutnya. Setelah dilaksanakan perbaikan dan tindakan di siklus II, hasil belajar mengalami peningkatan dari 64% menjadi 85% dan dinyatakan berhasil karena telah mencapai indikator keberhasilan. Dengan demikian implementasi pembelajaran berdiferensiasi model PjBL dengan media kartu dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VII di SMPN A Jombang Tahun Pelajaran 2022/2023.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-05-21
How to Cite
Yusro, A. C., & Ardania, R. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Model PjBL dengan Media Kartu. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 4(1), 1-9. https://doi.org/10.37729/jips.v4i1.3109
Section
Articles