Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi Melalui Metode Pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat

  • Rifaldo Oktavianus Taihuttu Universitas Negeri Manado, Sulawesi Utara, Indonesia
  • Zusje Wiesje Merry Warouw Universitas Negeri Manado, Sulawesi Utara, Indonesia
  • Fransiska Harahap Universitas Negeri Manado, Sulawesi Utara, Indonesia
Keywords: Hasil belajar, Sains-Teknologi-Masyarakat, Metode pembelajaran, Pendidikan IPA

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran yang konvensional dan kurang bervariatif berdampak terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas delapan SMP pada materi getaran, gelombang, dan bunyi melalui pembelajaran metode sains-teknologi-masyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterlibatan siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar 81 dengan persentase ketuntasan klasikal 69% pada siklus pertama. Sedangkan pada siklus kedua nilai rata-rata hasil belajar 86 dengan persentase ketuntasan klasikal 97%. Hasil ini menunjukkan bahwa hasil belajar seluruh siswa telah memenuhi syarat ketuntasan klasikal yakni diatas 75%. Dengan demikian, dapat disimuplkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas delapan pada materi getaran, gelombang, dan bunyi melalui penerapan metode pembelajaran sains-teknologi-masyarakat di SMP Negeri 3 Tondano.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-05-29
How to Cite
Taihuttu, R. O., Warouw, Z. W. M., & Harahap, F. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi Melalui Metode Pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 4(1), 36-45. https://doi.org/10.37729/jips.v4i1.3126
Section
Articles