Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi Melalui Metode Pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat
Abstract
Penggunaan metode pembelajaran yang konvensional dan kurang bervariatif berdampak terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas delapan SMP pada materi getaran, gelombang, dan bunyi melalui pembelajaran metode sains-teknologi-masyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterlibatan siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar 81 dengan persentase ketuntasan klasikal 69% pada siklus pertama. Sedangkan pada siklus kedua nilai rata-rata hasil belajar 86 dengan persentase ketuntasan klasikal 97%. Hasil ini menunjukkan bahwa hasil belajar seluruh siswa telah memenuhi syarat ketuntasan klasikal yakni diatas 75%. Dengan demikian, dapat disimuplkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas delapan pada materi getaran, gelombang, dan bunyi melalui penerapan metode pembelajaran sains-teknologi-masyarakat di SMP Negeri 3 Tondano.
Downloads
Copyright (c) 2023 Rifaldo Oktavianus Taihuttu, Zusje Wiesje Merry Warouw, Fransiska Harahap
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.