Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Materi Tata Surya untuk Siswa SMP

  • St Sholeha Universitas Trunojoyo Madura, Jawa Timur, Indonesia
  • Aida Fikriyah Universitas Trunojoyo Madura, Jawa Timur, Indonesia
  • Mochammad Ahied Universitas Trunojoyo Madura, Jawa Timur, Indonesia
  • Wiwin Puspita Hadi Universitas Trunojoyo Madura, Jawa Timur, Indonesia
  • Yamin Yamin Universitas Trunojoyo Madura, Jawa Timur, Indonesia
Keywords: Media pembelajaran, Tata surya, Video, Animasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan serta respons siswa terhadap media pembelajaran berbasis video animasi pada materi tata surya. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII pada uji coba kelompok besar menggunakan sebanyak 32 siswa, kelompok kecil sebanyak 10 siswa dan uji coba perorangan sebanyak 2 siswa di SMP Negeri 3 Kamal tahun pelajaran 2022/2023. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata penilaian kelayakan aspek materi sebesar 90,63% dengan kategori sangat valid dan kelayakan aspek media sebesar 86,88% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil penelitian bahwa rata-rata respons siswa terhadap media pembelajaran berbasis video animasi pada uji coba perorangan sebesar 68% dengan kategori baik, uji coba kelompok kecil sebesar 71% dengan kategori baik dan uji coba kelompok besar sebesar 66% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video animasi pada materi tata surya dinyatakan layak untuk digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-22
How to Cite
Sholeha, S., Fikriyah, A., Ahied, M., Hadi, W. P., & Yamin, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Materi Tata Surya untuk Siswa SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 4(2), 81-89. https://doi.org/10.37729/jips.v4i2.3529
Section
Articles