Pengembangan E-Booklet Interaktif Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Sains Peserta Didik

  • Laila Fauzizah Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Sriyono Sriyono Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Eko Setyadi Kurniawan Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: E-Bookelet, Interaktif, PjBL, Keterampilan, Komunikasi, Sains

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan e-booklet interaktif berbasis project based learning (PjBL). Penelitian ini menggunakan metode penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMA Negeri 4 Purworejo. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar angket keterampilan komunikasi sains, lembar angket respon peserta didik, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, dan lembar keterlaksanaan modul ajar. Hasil penelitian diperoleh hasil validasi e-booklet interaktif dari tiga validator yaitu dua dosen ahli dan guru Fisika mendapatkan skor Aiken V secara keseluruhan sebesar 0.99 termasuk dalam kategori valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Respon peserta didik terhadap e-booklet interaktif pada tahap penerapan diperoleh persentase 89% dengan kategori praktis. Peningkatan keterampilan komunikasi sains peserta didik dengan uji paired sample t-test diperoleh  hasil 0.000 < 0.05, yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan setelah menggunakan e-booklet interaktif berbasis PjBL. Dengan demikian, e-booklet interaktif yang dikembangkan layak (valid, praktis, efektif) digunakan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi sains peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-22
How to Cite
Fauzizah, L., Sriyono, S., & Kurniawan, E. S. (2023). Pengembangan E-Booklet Interaktif Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Sains Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 4(2), 71-80. https://doi.org/10.37729/jips.v4i2.3568
Section
Articles