Pengembangan E-Booklet Interaktif Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Sains Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan e-booklet interaktif berbasis project based learning (PjBL). Penelitian ini menggunakan metode penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMA Negeri 4 Purworejo. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar angket keterampilan komunikasi sains, lembar angket respon peserta didik, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, dan lembar keterlaksanaan modul ajar. Hasil penelitian diperoleh hasil validasi e-booklet interaktif dari tiga validator yaitu dua dosen ahli dan guru Fisika mendapatkan skor Aiken V secara keseluruhan sebesar 0.99 termasuk dalam kategori valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Respon peserta didik terhadap e-booklet interaktif pada tahap penerapan diperoleh persentase 89% dengan kategori praktis. Peningkatan keterampilan komunikasi sains peserta didik dengan uji paired sample t-test diperoleh hasil 0.000 < 0.05, yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan setelah menggunakan e-booklet interaktif berbasis PjBL. Dengan demikian, e-booklet interaktif yang dikembangkan layak (valid, praktis, efektif) digunakan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi sains peserta didik.
Downloads
Copyright (c) 2023 Laila Fauzizah, Sriyono Sriyono, Eko Setyadi Kurniawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.