Kemampuan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Dalam Mengembangkan Tes Fisika Sma Berorientasi HOTS

  • Sriyono Sriyono Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: Soal tes, Fisika, HOTS, Pengembangan instrumen

Abstract

Mahasiswa calon guru harus memiliki kemampuan dalam membuat tes hasil belajar sehingga jika menjadi guru dapat membuat tes hasil belajar dengan baik. Berawal dari hal tersebut maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa Progam Studi Pendidikan Fisika dalam mengembangkan tes fisika SMA bentuk pilihan ganda berorientasi HOTS. Subjek penelitiannya yang dilibatkan dalam penelitian ini yakni seluruh mahasiswa Progam Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo angkatan 2022 yang mengambil mata kuliah asesmen pembelajaran fisika. Pengumpulan data dilakukan dengan mengguanakan lembar check list. Setelah data terkumpul analisis dilakukan dengan mengguanakn analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa Progam Studi Pendidikan Fisika dalam mengembangkan tes fisika SMA bentuk pilihan ganda berorientasi HOTS dengan kategori sangat baik sebesar 24,0%, termasuk dalam kategori baik sebanyak 60,0%, sedangkan 16,0 % termasuk dalam kategori sedang

Downloads

Published
2024-11-28
How to Cite
Sriyono, S. (2024). Kemampuan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Dalam Mengembangkan Tes Fisika Sma Berorientasi HOTS. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 5(2), 103-107. https://doi.org/10.37729/jips.v5i2.4833
Section
Articles