Pengaruh Strategi Pembelajaran Giving Question and Getting Answer Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas VIII MTs
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya hasil belajar siswa dan penerapan pembelajaran yang belum maksimal. Bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answer terhadap pengingkatan kemampuan pemahaman siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Surakarta. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen tipe nonequivalent pretest post-test control group design. Ssubjek penelitian menggunakan dua kelas, yaitu kelas VIII A1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A2 sebagai kelas kontrol dengan pengambilan sampel dipilih teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan berupa lembar tes, observasi, dan dokumentasi. Data dikumpulkan melalui hasil pretest dan post-test yang dianalisis secara deskriptif dan infersial. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji non-parametrik Mann Whitney U. Hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata hasil pretest pada kelas eksperimen yaitu 53,3 dan pada kelas kontrol yaitu 47,9, sementara rata-rata hasil post-test kelas eksperimen yaitu 81,1 dan pada kelas kontrol yaitu 57,5. Hasil uji analisis Man Whitney U. hasil belajar siswa didapatkan nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,00 lebih kecil 0,05. Dari hasil uji tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan stategi pembelajaran Giving Question and Getting Answer pada sub materi sistem pernapasan berpengaruh baik terhadap hasil belajar siswa.
Downloads
References
Effendi Darwin, Wahidy Achmad. "Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21". Prosiding Seminar Nasional. 2019.125-129.
Asfiati. "Visualisasi dan Virtualisasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam". Jakarta: Kencana. 2020.
Kroesbergen, E. H., Huijsmans, M. D., & Friso-Van Den Bos, I. "A Meta-Analysis On The Differences In Mathematical And Cognitive Skills Between Individuals With And Without Mathematical Learning Disabilities". Review Of Educational Research. 2022.
Ramdhan, Muhammad. "Metode penelitian". Surabaya : Penerbit Cipta Media Nusantara. 2014.(14).
Ramadhan Iwan. "Migrasi Kurikulum: Kurikulum 2013 Menuju Kurikulum Merdeka pada SMA Swasta Kapuas Pontianak". Jurnal Ilmu Pendidikan. 2023.5(2): 751-758
Sumarlin Hadinata. "Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Ummi terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Anak Usia 7-13 Tahun". Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-isu Sosial . 2021. 19(1), 60-79.
Yulianti Hesti. Penerapan Metode Giving Question and Getting Answer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam. 2018. 6(01), 199-216.
Yulianti Farizah, Sutrio, Sahidu, dan Sahidu Hairunisyah. "Pengaruh Model Giving Question Getting Answers Melalui Metode Eksperimen Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika". Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika. 2020. 6(1), 173-180.
Nadya, & Saleh Nasution, I. "Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question And Getting Answer (GQGA) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa". TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2023.1(2), 81–89.
William, dan Hita. "Mengukur Tingkat Pemahaman Pelatihan PowerPoint Menggunakan Quasi-Experiment One-Group Pretest-Posttest". Jurnal SIFO Mikroskil .2019. 28(01), 71-80.
Muhibin, M., & Hidayatullah, M. A. "Implemntasi Teori Belajar Konstruktivisme Vygotsky Pada Mata Pelajaran PAI Di SMA Sains Quran Yogyakarta". Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 2020. 5(1), 113-130.
Wajdi, M. "Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question And Getting Answer Terhadap Hasil Belajar Biologi". SAINTIFIK, 2021. 7(2), 118- 125.
Amaliya, L. U., & Dewi, K. "Penerapan diskusi kelompok kecil berbasis mobile learning melalui WhatsApp Messenger pada mata pelajaran geografi". Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 2022.15(1), 67-78.
Sastra, E. "Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik pada Materi Virus Kelas X SMA Adabiah Padang". Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 2020. 6(1), 28-38.
Amrianti, Y., Sirate, S. F., & Ruslan, R. R. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Giving Question and Getting Answer (GQGA) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Islam Ar-Raafi’". Journal Pendidikan Matematika, 2022.3(1), 36-41.
Awaliyah, N. N. "Pengaruh Strategi Pembelajaran Giving Question And Getting Answer (GQGA) Melalui Video Conference Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Jamur Di SMAN 6 Garut". Jurnal Life Science: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2022. 4(1), 20-24.
Octaviyunas, Asurya and Ekayanti, Arta "Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question Getting Answer dan Think Pair Share terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas VII". Jurnal Pendidikan Matematika, 2019. 8 (2),341-352.
Copyright (c) 2024 Seila Rohmaniah Washul, Annur Indra Kusumadani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.