PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 2

  • Septika Trisnowati Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Galih Yansaputra Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Cahyo Apri Setiaji Universitas Muhammadiyah Purworejo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan pendidikan karakter siswa dan hasil belajar menggunakan metode Role Playing di kelas IV MI Imam Puro Lubang Indangan. Subjek PTK ini 12 siswa kelas IV MI Imam Puro Lubang Indangan. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data kualitatif menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif menggunakan nilai rata-rata dan presentase keberhasilan belajar siswa dalam bentuk grafik dan tabel secara deskripsi. Hasil analisis menunjukkan penilaian peningkatan pendidikan karakter siswa siklus I: 83,33% klasifikasinya sangat baik, penilaian peningkatan pendidikan karakter siswa siklus II: 100 % klasifikasinya sangat baik. Hasil belajar presentase ketuntasan rata-rata pre tes: 8,33% klasifikasinya sangat kurang, peningkatan nilai presentase ketuntasan rata-rata siklus I: 25% klasifikasinya kurang, peningkatan nilai presentase ketuntasan rata-rata siklus II: 100% klasifikasinya sangat baik. Disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dalam pendidikan karakter dan hasil belajar siswa menggunakan metode Role Playing hasilnya meningkat.

Published
2023-08-31
How to Cite
Trisnowati, S., Yansaputra, G., & Setiaji, C. A. (2023). PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 2. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 79-91. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/3645
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>