PENGGUNAAN MEDIA POSTER BERBASIS KARAKTER DALAM TEMA 5 UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD

  • Tri Heryawan Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Eko Putro Widoyoko Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Galih Yansaputra Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: media poster, kemandirian belajar, hasil belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemandirian belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran tema 5 subtema 4 kelas III di SD Negeri Kepatihan Purworejo dengan menggunakan media pembelajaran poster berbasis karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar dapat meningkat melalui penggunaan media poster berbasis karakter. Pada Siklus I, rata-rata kemandirian belajar  siswa  sebesar  56%  berdasarkan  hasil  observasi  dan 64,7% berdasarkan hasil angket. Hasil tersebut belum mencapai indikator keberhasilan sehingga tindakan dilanjutkan pada Siklus II. Pada Siklus II, rata-rata kemandirian belajar siswa sebesar 58%   berdasarkan hasil observasi dan 72,2% berdasarkan hasil angket. Peningkatan terjadi hasil belajar dari siklus I sebesar 70% dan 75%, pada siklus II peningkatan sebesar 90%. Hasil tersebut sudah melampaui indikator keberhasilan yaitu berdasarkan hasil observasi, angket, dan hasil belajar sudah ≥65% sehingga hipotesis yang berbunyi penggunaan media poster berbasis karakter dalam tema 5 dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa kelas III SD dapat diterima.

Published
2022-08-23
How to Cite
Heryawan, T., Widoyoko, E. P., & Yansaputra, G. (2022). PENGGUNAAN MEDIA POSTER BERBASIS KARAKTER DALAM TEMA 5 UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 1-9. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/2231
Section
Articles