Pengembangan Alat Pengukur Energi Mekanik Pada Pokok Bahasan Usaha Dan Energi Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno Untuk Meningkatkan Aspek Psikomotorik Siswa
Abstract
Telah dilakukan penelitian pengembangan guna menghasilkan suatu produk alat pengukur energi mekanik, mengetahui kelayakan alat, mengetahui respon siswa, dan mengetahui peningkatan kemampuan psikomotorik siswa. Subyek penelitian ini adalah kelas X MIA 2 MAN purworejo dengan jumlah siswa 30 orang. Metode yang digunakan adalah pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Validasi produk meliputi (1) validasi ahli media, (2) validasi ahli materi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan penugasan. Berdasarkan uji alat yang dilakukan dihasilkan nilai energi mekanik pada jarak 0,53 meter sebesar (0,5304±0,0006) joule, pada jarak 0,66 meter sebesar (0,4238±0,0001) joule, dan pada jarak 0,72 meter sebesar (0,4365±0,0007) joule dengan tingkat kesalahan pada sensor jarak sebesar 0,051% dan pada sensor waktu 0,0,681%. Hal ni menunjukkan nilai keakuratan dan presisi yang baik. Kemudian diperoleh rerata skor dari ahli media sebesar 3,1 dan ahli materi sebesar 82,5% dengan kategori “baik” sehingga alat ini layak digunakan dalam pembelajaran. Rerata keterlaksanaan pembelajaran dari tiga orang observer sebesar 3,46 dengan kategori “ baik”, respon siswa terhadap produk yang dikembangkan mendapat skor rata-rata 3,36 dengan kategori “baik”, dan peningatan kemampuan psikomotorik siswa pada aspek imitas sebesar 12%, aspek manipulasi sebesar 6%, aspek presisi sebesar 6% dan aspek artikulasi sebesar 8 %. Dengan demikian alat pengukur energi mekanik berbasis mikrokontroler arduino uno layak digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah dan mampu meningkatkan aspek psikomotorik siswa.