Efektivitas Metode Pembelajaran Eksperimen Berbasis Lingkungan Terhadap Kemampuan Psikomotorik Siswa Kelas X Pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor di SMA Negeri 1 Klirong Tahun Pelajaran 2015/2016
Abstract
Telah dilakukan penelitian efektivitas metode pembelajaran eksperimen berbasis lingkungan
terhadap kemampuan keterampilan proses siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
efektivitas metode pembelajaran eksperimen berbasis lingkungan terhadap kemampuan keterampilan
proses siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Klirong dengan subjek penelitian berjumlah
240 siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan desain ekseperimen semu (Quasi Eksperimental)
yaitu bentuk nonequivalent kontrol group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
berbentuk angket,observasi dan tes. Berdasarkan penelitian menggunakan angket diperoleh hasil analisis
sebesar tobs = 5,1173 dan ttabel = 1,6710 untuk tobs = 5,1173 > ttabel = 1,6710 maka H1 diterima artinya
metode pembelajaran elsperimen berbasis lingkungan termasuk dalam kategori efekif. Hasil analisis data
menggunakan tes diperoleh data sebesar tobs = 2.3348 dan ttabel = 1.6710 untuk tobs = 2,334 > ttabel =
1,6710 maka H1 diterima artinya metode pembelajaran eksperimen termasuk dalam kategori efektif.
Berdasarkan kedua data menunjukan bahwa metode pembelajaran eksperimen berbasis lingkungan lebih
efektif terhadap kemampuan keterampilan proses siswa dari pada pembelajaran secara konvensional.