Efektivitas Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction (ARIAS) dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Purworejo Tahun Pelajaran 2014/ 2015

  • Lastri Kirani Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Arif Maftukhin Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Nurhidayati Nurhidayati Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: ARIAS, Motivasi belajar, Hasil belajar

Abstract

Telah dilakukan penelitian eksperimen semu guna mengetahui efektivitas model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction (ARIAS) dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 8 Purworejo tahun pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah kelas X SMA N 8 Purworejo. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara sampling purposive, diperoleh sampel penelitian berjumlah 62 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas. Pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar siswa, lembar observasi motivasi belajar siswa, dan tes hasil belajar yang sudah divalidasi ahli. Hasil analisis deskripsi menunjukkan bahwa model pembelajaran ARIAS efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 8 Purworejo tahun pelajaran 2014/2015 pada pokok bahasan Listrik Dinamis. Dengan taraf signifikansi (α) = 0,05; menghasilkan tobservasi= 9,10172 > ttabel= 9,01326 untuk motivasi belajar; dan tobservasi = 5,61248 > ttabel= 3,17538 untuk hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-09-30
How to Cite
Kirani, L., Maftukhin, A., & Nurhidayati, N. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction (ARIAS) dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Purworejo Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 7(2), 35-40. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/240
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>