Pengembangan Handout Fisika Berbasis Guided Note Taking Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Di SMA Negeri 3 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014
Abstract
Telah dilakukan penelitian pengembangan (R&D) guna meningkatkan motivasi belajar Fisika dengan mengembangkan handout berbasis guided note taking. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X IPA 3 SMA Negeri 3 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data penelitian dengan menggunakan metode observasi, angket dan tes. Instrumen yang digunakan untuk melihat kualitas handout yaitu lembar angket yang mencakup beberapa aspek yaitu validasi, keterlaksanaan, kompetensi, motivisi belajar, observasi motivasi dan respon peserta didik. Kualitas handout dinilai oleh 2 dosen ahli dari Universitas Muhammadiyah Purworejo, 1 guru Fisika dari SMA Negeri 3 Purworejo. Analisis data dengan Percentages Correction dan Precentage Agreement. Penelitian yang dikembangkan melalui tujuh langkah pengembangan, dengan rerata kelayakan handout sebesar 3,18 termasuk kategori “baik”. Keterlaksanaan pembelajaran Fisika menggunakan handout sebesar 97,33% dengan kategori “sangat baik”. Ketuntasan hasil belajar dengan rerata nilai post-test sebesar 84, motivasi belajar peserta didik dengan rerata sebesar 3,55 dengan kategori “baik sekali”. Peningkatan motivasi belajar 3,40 untuk pertemuan pertama, skor rerata 3,46 untuk pertemuan kedua dan skor rerata 3,50 untuk pertemuan ketiga. Respon peserta didik terhadap handout dengan rerata sebesar 3,50. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan berupa handout berbasis guided note taking dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X dan dapat digunakan sebagai alternatif pada tingkat bahan ajar pada tingkat SMA.