Penerapan Lembar Diskusi Siswa (LDS) dengan Model Syndicate Group untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Afektif IPA Siswa Kelas VII dI SMP Negeri 6 Kebumen

  • Purniasih Purniasih Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Siska Desy Fatmaryanti Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Eko Setyadi Kurniawan Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Syndicate group, Kognitif, Afektif

Abstract

Telah dilakukan penelitian guna mengetahui peningkatan kemampuan kognitif dan afektif IPA siswa kelas VII di SMP Negeri 6 Kebumen dengan penerapan LDS melalui model syndicate group. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subyek siswa SMP Negeri 6 Kebumen kelas VII B yang berjumlah 32 siswa. Penelitian in idilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan kognitif dan afektif siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Perolehan persentase kemampuan kognitif siswa pada prasiklus sebesar 28,12% pada siklus I meningkat menjadi 62,50% dan setelah siklus II meningkat menjadi 75,00%. Kemampuan afektif siswa juga mengalami juga mengalami peningkatan pada pra siklus 41% pada siklus I menjadi 51% dan siklus II meningkat menjadi 66%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan LDS dengan model syndicate group dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan afektif IPA siswa kelas VII di SMP Negeri 6 Kebumen.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-09-30
How to Cite
Purniasih, P., Fatmaryanti, S. D., & Kurniawan, E. S. (2014). Penerapan Lembar Diskusi Siswa (LDS) dengan Model Syndicate Group untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Afektif IPA Siswa Kelas VII dI SMP Negeri 6 Kebumen. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 5(2), 68-70. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/362
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>