Pengaruh Model Pembelajaran Tari Bambu Terhadapkemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Fisikasiswa Kelas X SMA NEGERI 1 Sapuran Tahun Pelajaran 2013/ 2014
Abstract
Telah dilakukan penelitian eksperimen untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Tari Bambu terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X di SMA N 1 Sapuran tahun pelajaran 2013/ 2014. Sampel penelitian berjumlah 2 kelas dengan jumlah siswa 40 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel dalam penelitian berjumlah 20 siswa.Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert dan tes hasil belajar yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda.Analisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t pada hasil belajar dan uji F pada kemampuan berpikir kritis. Dengan α = 0.05 menunjukkan (1) tobservasi = 6,900 > artinya H0 ditolak ( ), (2) thitung= 1,848 dengan keputusan uji H0 ditolak .Hal ini menunjukkan (1) model pembelajaran TariBambu memberikan hasil belajarfisika yang lebih baik daripada model pembelajaran konvensionalpada pokok bahasan Elastisitas dan Hukum Hooke; (2) model pembelajaran Tari Bambu berpengaruh terhadap hasil belajar. Dari hasil penghitungan menggunakan uji F diperoleh Fobservasi = yang artinya H0 ditolak (DK = {F | F > 5,59}). Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Tari Bambu berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.