Pemanfaatan Mainan Tradisional Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas VII SMP Setya Budi Loano Tahun Pelajaran 2011/2012

  • Ayu Anjarsarie Saputri Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Eko Setyadi Kurniawan Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Arif Maftukhin Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Alat peraga, Mainan tradisional

Abstract

Telah dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) guna mengetahui pemanfaataan mainan tradisional untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran fisika kelas VII SMP Setya Budi tahun pelajaran 2011/ 2012. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Setya Budi Purworejo, yang berjumlah 12 siswa terdiri atas 7 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Faktor yang diteliti yaitu berupa peningkatan pemahaman belajar fisika. Data diperoleh dengan metode observasi, metode angket, metode tes, dan metode dokumentasi. Data yang diperoleh berupa data kualitatif persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pemanfaatan alat peraga “mainan tradisional” ternyata dapat meningkatkan pemahaman belajar fisika pada siswa. Hal ini ditandai dengan meningkatnya pemahaman belajar siswa pada tiap siklusnya. Hasil observasi pemahaman belajar fisika dari pra siklus yang mempunyai persentase 48% meningkat menjadi 59% pada siklus I dan meningkat menjadi 80,0% pada siklus II. Secara umum peningkatan pemahaman belajar siswa pada penelitian ini sudah mencapai indikator yang ditentukan oleh peneliti yaitu dapat meningkat minimal menjadi 20% yang merupakan hasil akhir pada penelitian ini. Sehingga dapat dijadikan alternatif guna meningkatkan pemahaman belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-09-28
How to Cite
Saputri, A. A., Kurniawan, E. S., & Maftukhin, A. (2012). Pemanfaatan Mainan Tradisional Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas VII SMP Setya Budi Loano Tahun Pelajaran 2011/2012. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 1(1), 63-67. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/380
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>