Penggunaan Model Pembelajaran The Power of Two Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Petanahan Tahun Pelajaran 2013/2014

  • Agus Kusbandi Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Nur Ngazizah Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Nurhidayati Nurhidayati Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Kemampuan Analis Siswa, Model Pembelajaran The Power of Two

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan analisis siswa dengan penggunaan Model Pembelajaran The Power of Two. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VII.F SMP Negeri 1 Petanahan Tahun Pelajaran 2013/2014 berjumlah 32 siswa terdiri dari 16 laki-laki dan 16 perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, angket, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran The Power of Two dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa. Hal ini ditandai dengan meningkatnya rata-rata kemampuan analisis siswa yang sebelumnya 67,03% pada pra siklus, setelah menggunakan model pembelajaran The Power of Two kemampuan analisis siswa rata-rata 75,00% pada siklus I dan 86,88% pada siklus II, terdapat peningkatan sebesar 7,97% pada siklus I dan 11,88% pada siklus II. Selain kemampuan analisis siswa, hasil belajar siswa juga meningkat, hal ini terlihat pada nilai rata-rata dan ketuntasan hasil belajar siswa yang meningkat pada tiap siklus.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-09-30
How to Cite
Kusbandi, A., Ngazizah, N., & Nurhidayati, N. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran The Power of Two Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Petanahan Tahun Pelajaran 2013/2014. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 5(1), 8-10. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/393
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>