Persepsi Guru terhadap Kualitas Buku Ajar Cetak Fisika Kelas XI SMA Negeri seKabupaten Purworejo

  • Siti Amiatun Nazilah Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Sriyono Sriyono Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Nurhidayati Nurhidayati Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Persepsi, Buku Ajar Cetak Fisika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap buku ajar fisika kelas XI SMA Negeri SeKabupaten Purworejo, yang diantaranya buku Yudistira, Erlangga, Essis, Aneka Ilmu, dan Phibeta.Populasi dalam penelitian ini adalah guru Fisika SMA Negeri Se-Kabupaten Purworejo yang berjumlah 19 guru. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sehingga memperoleh 4 sekolah dari wilayah kota, semikota, dan desa dengan jumlah 7 guru dan teknik sampling purposive untuk memperoleh sampel buku yaitu buku Yudistira, Erlangga, Essis, Aneka Ilmu, dan Phibeta. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus persentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualitas buku Yudistira dalam kategori baik; (2) kualitas buku Erlangga dalam kategori baik; (3) kualitas buku Essis dalam kategori baik; (4) kualitas buku Aneka ilmu dalam kategori baik; (5) kualitas buku Phibeta dalam kategori baik; (6) buku yang paling berkualitas menurut persepsi guru SMA Negeri SeKabupaten Purworejo adalah buku Erlangga sebagai buku yang paling baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-09-30
How to Cite
Nazilah, S. A., Sriyono, S., & Nurhidayati, N. (2014). Persepsi Guru terhadap Kualitas Buku Ajar Cetak Fisika Kelas XI SMA Negeri seKabupaten Purworejo. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 5(1), 20-23. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/399
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>