Pengembangan Alat Peraga Berbasis Contextual Untuk Mengoptimalkan Hands On Peserta Didik Kelas X MAN Purworejo

  • Mansur Mansur Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Siska Desy Fatmaryanti Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Eko Setyadi Kurniawan Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Alat Peraga, Contextual, Hands On

Abstract

Telah dilakukan penelitian dan pengembangan (R&D) guna mengembangkan alat peraga yang berbasis contextual yang bertujuan untuk mengoptimalkan hands on peserta didik kelas X MAN Purworejo. Subjek uji coba adalah siswa kelas X6 sejumlah 33 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi dan metode angket. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan ini diperoleh rerata skor hasil validasi alat peraga oleh validator adalah 3,41. Skor validasi panduan eksperimen oleh validator adalah 3,32. Skor validasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) oleh validator 3,32. Sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran dengan sedikit revisi sesuai saran dari validator. Keterlaksanaan pembelajaran diperoleh rerata skor 3,33 atau 91,24% dari dua observer. Skor pengoptimalan hands on pada setiap peserta didik yang diperoleh secara keseluruhan adalah 3,31. Respon pengotimalan hands on diperoleh persentase 53,90%. Respon peserta didik terhadap alat peraga diperoleh persentase 50,14%. Sementara itu ketercapaian hasil belajar eksperimen dengan alat peraga dengan KKM 75 diperoleh persentase 69,70%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-09-30
How to Cite
Mansur, M., Fatmaryanti, S. D., & Kurniawan, E. S. (2013). Pengembangan Alat Peraga Berbasis Contextual Untuk Mengoptimalkan Hands On Peserta Didik Kelas X MAN Purworejo. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3(1), 73-77. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/519
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>