Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru Dan Cara Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Kelas XI

  • Annisa Ashlichati Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Cahyo Apri Setiaji Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Lukman Fadhiliya Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Kreativitas Mengajar Guru, Cara Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas mengajar guru dan cara belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Purworejo sebanyak 108 siswa dengan sampel berjumlah 84 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Analisis data menggunakan korelasi parsial dan korelasi ganda.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa: ada pengaruh positif dan signifikan antara kreativitas mengajar guru dan cara belajar siswa baik secara parsial maupun secara simultan terhadap hasil belajar siswa sebesar 32,2% (R = 0,568 ; Fhitung = 19,262 ; sig 0,000 (0,000 < 0,05 maka signifikan)  dengan demikian seluruh hipotesis yang diajukan diterima.

Author Biography

Annisa Ashlichati, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas mengajar guru dan cara belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Purworejo sebanyak 108 siswa dengan sampel berjumlah 84 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Analisis data menggunakan korelasi parsial dan korelasi ganda.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa: ada pengaruh positif dan signifikan antara kreativitas mengajar guru dan cara belajar siswa baik secara parsial maupun secara simultan terhadap hasil belajar siswa sebesar 32,2% (R = 0,568 ; Fhitung = 19,262 ; sig 0,000 (0,000 < 0,05 maka signifikan)  dengan demikian seluruh hipotesis yang diajukan diterima.

Published
2022-05-31
How to Cite
Ashlichati, A., Setiaji, C. A., & Fadhiliya, L. (2022). Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru Dan Cara Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Kelas XI. Surya Edunomics, 6(1), 25-30. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/suryaedunomics/article/view/2272
Section
Articles