Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran

  • Anikmah Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Cahyana Nursidiq Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Anita Rinawati Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Pembelajaran Kewirausahaan, Efikasi Diri, Minat Berwirausaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama antara pembelajaran kewirausahaan dan efikasi diri terhadap minat berwirausaha siswa jurusan bisnis daring dan pemasaran SMK Batik Perbaik angkatan 2020. Populasi berjumlah 32 siswa. Jumlah sampel 32 siswa. Pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan angket dan analisis dokumen. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, korelasi parsial, korelasi ganda, dan regresi ganda. Hasil analisis deskriptif pembelajaran kewirausahaan memiliki kategori tinggi sebesar 62,50%, efikasi diri memiliki kategori tinggi sebesar 56,00%, dan minat berwirausaha memiliki kategori tinggi sebesar 53,00%. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif antara pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha sebesar 16,32% (r = 0,404). (2) terdapat pengaruh yang positif antara efikasi diri terhadap minat berwirausaha sebesar 3,16% (r = 0,178). (3) terdapat pengaruh yang positif secara bersama-sama antara pembelajaran kewirausahaan dan efikasi diri terhadap minat berwirausaha sebesar 30,10% (R = 0,549). Sedangkan 69,90% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Published
2021-11-30
How to Cite
Anikmah, Nursidiq, C., & Rinawati, A. (2021). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran . Surya Edunomics, 5(1), 1-8. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/suryaedunomics/article/view/2366
Section
Articles