Efektivitas Program Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI

  • Annisa Sekar Amalia Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Sugeng Eko Putro Widoyoko Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Cahyana Nursidiq Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: Evaluasi Program, Pembelajaran Ekonomi, Evaluation Research

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi: (1) Kualitas pembelajaran dan (2) Output pembelajaran daring mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kutowinangun Kabupaten Kebumen. Model yang digunakan yaitu model EKOP. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan evaluasi (evaluation research) adalah penelitian dimana peneliti bermaksud mengumpulkan data tentang suatu kebijakan untuk mengukur keberhasilan suatu kegiatan maupun program dan apakah sesuai dengan yang diharapkan. Populasi semua siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kutowinangun berjumlah 136. Sampel berjumlah 100 siswa, ditentukan dengan pedoman tabel issac dan michael dengan tingkat kesalahan 5%. Pengambilan sampel dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert dan analisis dokumen. Hasil analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif menunjukkan bahwa kinerja guru rerata skor (2,6) kualifikasi “baik”, fasilitas pembelajaran rerata skor (2,34) kualifikasi “cukup baik”, sikap siswa rerata skor (2,47) kualifikasi “cukup baik”, dan motivasi belajar rerata skor (2,74) kualifikasi “baik” dan output pembelajaran dari nilai akhir semester rerata skor (2,65) kualifikasi “baik”. Berdasarkan hasil tersebut di atas maka program pembelajaran daring mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kutowinangun Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2021 / 2022 menunjukkan rerata total skor (2,55), apabila dikonversikan dalam tabel perbandingan rerata total skor masing-masing komponen maka termasuk kualifikasi “baik”.

Published
2022-11-30
How to Cite
Amalia, A. S., Widoyoko, S. E. P., & Nursidiq, C. (2022). Efektivitas Program Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI . Surya Edunomics, 7(1), 7-12. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/suryaedunomics/article/view/3675
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2