Evaluasi Program Pembelajaran Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI
Abstract
Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui efektivitas program pembelajaran ekonomi di SMA VIP Al-Huda Kebumen (2) Untuk mengetahui output program pembelajaran mata pelajaran ekonomi di SMA VIP Al-Huda Kebumen. Model yang digunakan yaitu model EKOP. Populasi semua siswa kelas XI IPS SMA VIP Al-Huda Kebumen berjumlah 27. Sampel menggunakan sampel jenuh berjumlah 27 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert dan analisis dokumen. Analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif. Hasil evaluasi kinerja guru dalam kelas rerata skor (3,07) kualifikasi “baik”, fasilitas pembelajaran rerata skor (2,70) kualifikasi “baik”, sikap siswa rerata skor (3,30) kualifikasi “sangat baik”, dan motivasi belajar rerata skor (3,10) kualifikasi “baik”. Sedangkan untuk output pembelajaran memperoleh rerata skor 2,11 yang masuk dalam kategori “cukup baik”. Berdasarkan hasil tersebut di atas maka program pembelajaran mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA VIP Al-Huda menunjukkan rerata total skor (3,04), apabila dikonversikan dalam tabel perbandingan rerata total skor masing-masing komponen maka termasuk kualifikasi “baik”.