Pengaruh Kreativitas Guru dalam Pengelolaan Proses Pembelajaran Berorientasi Kurikulum Merdeka Terhadap Minat Belajar Ekonomi Peserta Didik

  • Fuat Mashuri Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Anita Rinawati Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Cahyana Nursidiq Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: Kreativitas Guru, Kurikulum Merdeka, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kreativitas guru dalam mengelola proses pembelajaran berorientasi kurikulum merdeka terhadap minat belajar ekonomi peserta didik kelas X di SMAN 1 Purworejo. Populasi penelitian ini sebanyak 395 siswa yang terbagi ke dalam 11 kelas, penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin dengan taraf kesalahan 5%. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode cluster random sampling sebanyak 199 siswa yang diambil dari 8 kelas (daerah populasi). Pengumpulan data menggunakan metode angket dengan skala likert. Instrumen telah diuji cobakan dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kreativitas guru dalam mengelola pembelajaran berorientasi kurikulum merdeka berada pada kategori baik yakni sebesar 64,82%, minat belajar ekonomi siswa berada pada kategori baik dengan presentase 53,77%, Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa: variabel kreativitas guru (X) secara positif dan signifikan mempengaruhi variabel minat belajar (Y) dengan perolehan nilai sig 0,00 ≤ 0,05, dan nilai koefisien determinasi 0,213 (21,3%).

Published
2023-11-30
How to Cite
Mashuri, F., Rinawati, A., & Nursidiq, C. (2023). Pengaruh Kreativitas Guru dalam Pengelolaan Proses Pembelajaran Berorientasi Kurikulum Merdeka Terhadap Minat Belajar Ekonomi Peserta Didik . Surya Edunomics, 9(1), 31-36. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/suryaedunomics/article/view/4225
Section
Articles