Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Alat Ukur Mekanik

  • Muh Chairul Huda Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Arif Susanto Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Pembelajaran, Alat ukur, Mekanik, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui setelah di berikan penerapan problem basic learning dan Meningkat atau tidaknya setelah di berikan penerapan motode problem based learning untuk meningkat hasil belajar siswa kelas X TKR di SMK Pancasila 1 Kutoarjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah responden 25 siswa kelas X TKR SMK Pancasila 1 Kuotoarjo. Instrumen yang di gunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian yang berupa soal. Analisis data yang digunakan taraf kesukaran dan daya beda. Dari hasil penelitian ini adalah hasil belajar siswa meningkat dari tiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya hasil pembelajaran dengan menerapkan Problem Based Learning berdasarkan hasil belajar rata-rata siswa pada pra siklus sebesar 48,20 pada siklus I meningkat sebesar 64,00 naik menjadi 78,00 pada siklus II.

Published
2021-01-29
How to Cite
Huda, M. C., & Susanto, A. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Alat Ukur Mekanik . Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 16(1), 1-6. Retrieved from http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/autotech/article/view/856
Section
Articles