UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI MATA PELAJARAN PERAWATAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran Artikulasi untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran perawatan kelistrikan kendaraan ringan kelas XI TKR SMK Widya Kutoarjo. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penenlitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian tindakan adalah peserta didik kelas XI TKR SMK Widya Kutoarjo yang berjumlah 32 peserta didik. Instumen yang digunakan dalam penelitian yaitu soal tes. Setelah data diperoleh kemudian di analisis menggunakan teknik deskripsi presentase untuk mengetahui tingkat keberhasilan penelitian. Analisis data dengan analisis kuantitatif untuk mencari presentase rata-rata hasil belajar peserta didik.
Data hasil penelitian ini adalah hasil belajar meningkat pada tiap siklusnya. Peningkatan hasil belajar peserta didik pada pra siklus ke siklus I adalah 41% dan pada siklus I ke siklus II adalah 15%. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata presentase hasil belajar peserta didik pada pra siklus 37%, meningkat pada siklus 1 yaitu 66%, dan semakin meningkat menjadi 81% pada siklus II.
References
Alamsyah, N. (2016). Pengaruh Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMAN 102 Jakarta. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 155–164. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1022
Astuti, S. P. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 68–75. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.167
Eka Yan Fitri, M., & Chairoel, L. (2019). Penggunaan Media Sosial Berdasarkan Gender Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Benefita, 1(1), 162. https://doi.org/10.22216/jbe.v1i1.3849
Ferdian, F., & Arifin, Z. (2019). Penerapan Metode Artikulasi Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Siswa: Studi Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas X Ipa 2 MA Al Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 1(1), 17–30. https://doi.org/10.33367/jiee.v1i1.678
Rahmadani, E. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Artikulasi Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Mathematic Paedagogic, 2(2), 149. https://doi.org/10.36294/jmp.v2i2.213