Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKR Pada Kompetensi Sistem Pendinginan di SMK YPE Kroya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui penerapan minat belajar siswa setelah diterapkannya metode berbasis masalah Problem Based Learning (PBL) pada mata diklat PMKR (Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan) dengan Kompetensi Sistem Pendinginan, 2) Untuk mengetahui penerapan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode berbasis masalah Problem Based Learning (PBL) pada mata diklat PMKR (Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan) dengan Kompetensi Sistem Pendinginan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XI TKR SMK YPE Kroya, yang berjumlah 57 orang. Aspek yang diteliti meliputi kegigihan, tingkah laku, dan aktivitas mahasiswa yang menunjukkan minat belajar siswa dan tindakan pembelajaran yang ditunjukkan oleh dosen sebagai indikator keterlaksanaan pembelajaran Problem based learning. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk mencari persentase rata-rata minat dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah bahwa minat dan hasil belajar siswa meningkat dari tiap siklusnya. Hal ini terlihat dari nilai rata rata dari kelas pada siklus I sebesar 71,5, mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 75,88. Presentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat, siklus I presentase ketuntasan 63%, meningkat menjadi 78% pada siklus II.