Pengembangan Media STAND Kelistrikan untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif
Abstract
Pengembangan media stand kelistrikan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa pendidikan teknik otomotif, merupakan upaya untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran sistem kelistrikan dalam hal ini adalah kelistrikan body pada wiring kelistrikan L300. Berdasarkan hasil melalui observasi/angket kepada responden yang sudah menempuh mata kuliah sistem kelistrikan diketahui bahwa mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam memahami komponen-komponen dan fungsi sistem kelistrikan body. Oleh karena itu, maka perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan keterampilan mahasiswa. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model 4D. Tahapan yang dilakukan yaitu: define, pada tahap ini yaitu proses menganalisis pada pembelajaran maupun media, hal ini bertujuan untuk mengetahui kekurangan pada pembelajaran maupun media yang dimaksud. Design, tahap ini disebut proses perancangan desain pembelajaran maupun media yang sudah dianalisis pada tahap awal. Develop, yaitu proses pengembangan, pada tahap ini dilakukan setelah menyimpulkan dari hasil analisis dan desain. Dan disseminate, yaitu proses penyebar luasan setelah konsep pembelajaran maupun media divalidasi oleh validator yang sudah dipilih. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba dilakukan melalui 2 tahap yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi diperoleh skor rata-rata komulatif sebesar 85% dengan kriteria “Baik” ada revisi terhadap materi sistem kelistrikan. Skor rata-rata komulatif validasi oleh ahli media sebesar 85% dengan kiteria “Baik” ada revisi terhadap media stand kelistrikan dan siap digunakan untuk ujicoba lapangan. Pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar pada kelas eksperimen dan siap digunakan sebagai bahan ajar pada mata kuliah system kelistrikan