Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Program Pembangunan Bidang Pendidikan Inklusi di Kabupaten Purworejo

  • Agus Budi Santoso Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Sapardiyono Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Prasasti Utami Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: Anak Berkebutuhan Khusus, Pendidikan Inklusif

Abstract

Anak berkebutuhan khusus dalam perbincangan sehari-hari disebut sebagai anak disabilitas, sering dianggap sebagai warga masyarakat yang tidak produktif, tidak mampu menjalankan tanggungjawabnya sehingga haknya diabaikan. Indonesia merupakan negara yang memiliki resiko untuk orang yang memilki kecacatan dan pemerintah belum memberikan perhatian kepada warga berkebutuhan khusus atau difabel. Kinerja Pemerintah Kabupaten Purworejo selama ini dalam melakukan tanggung jawab kepada penyandang disabilitas dirasa belum maksimal. Dalam hal ini, orang tua yang memiliki anak penyandang disabilitas sangat menyayangkan jika anaknya tidak bisa mengikuti pendidikan seperti anak lainnya. Orang tua berharap agar anaknya bisa mengikuti pendidikan, minimal bisa memenuhi kebutuhan dan keperluan hidupnya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa penyelenggaraan pendidikan inklusi dalam sekolah reguler di SD Negeri Kaliboto Kabupaten Purworejo serta efektifitas pengadaan pendidikan inklusi di SD Negeri Kaliboto. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian dilakukan dengan metode normatif empiris yaitu pendekatan undang-undang dan konseptual. Hasil penelitian menunjukkan kebijakan pendidikan inklusi di SD Negeri Kaliboto sudah dijalankan sesuai dengan Surat Keputusan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo. Pengajar yang menangani anak berkebutuhan khusus merupakan guru kelas yang bersangkutan, juga mengajar anak umum dengan waktu yang bersamaan. Namun program pembelajaran di SD Negeri Kaliboto yang berjalan belum sesuai dengan perencanaan, karena pengajar dikelas tidak berkualifikasi sebagai guru Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dan anak dapat menerima pembelajaran dari guru sesuai dengan kurikulum yang diterapkan masih belum maksimal karena sarana pembelajaran yang tidak tersedia sesuai dengan kebutuhan ABK.

Published
2022-09-05
How to Cite
Santoso, A. B., Sapardiyono, S., & Utami, P. (2022). Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Program Pembangunan Bidang Pendidikan Inklusi di Kabupaten Purworejo. Eksaminasi: Jurnal Hukum, 1(3), 103-109. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/eksaminasi/article/view/1726
Section
Articles