Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Appgeyser Berbasis Web Untuk Meningkatkan HOTS Peserta Didik Dalam Pembelajaran Fisika

  • Resti Nur Anisah Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Ashari Ashari Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Yusro Al Hakim Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: Media pembelajaran, Appgeyser, HOTS

Abstract

Telah dilakukan penelitian dan pengembangan media pembelajaran Fisika berbantuan Appgeyser untuk meningkatkan HOTS peserta didik. Metode penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahap pengembangan yaitu Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (penerapan), Evaluation (mengevaluasi). Penelitian dilakukan di SMK Muhammadiyah Majenang dengan subjek uji coba berjumlah 31 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi instrumen, lembar keterlaksanaan RPP, lembar observasi aktivitas peserta didik, angket respon peserta didik, dan soal tes HOTS. Teknik analisis data meliputi observasi, uji validitas dan N-gain. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh media pembelajaran fisika dengan aplikasi Appgeyser berbasis Web valid, praktis, ditinjau dari hasil uji validitas dan kepraktisan media, sementara itu efektif digunakan untuk (a) meningkatkan HOTS peserta didik secara signifikan, (b) peserta didik melakukan aktivitas positif selama mengikuti pembelajaran, dan (c) peserta didik merespn positif proses pembelajaran. Dengan demikian media pembelajaran Fisika dengan aplikasi Appgeyser berbasis web valid, praktis dan efektif sehingga layak digunakan dalam pembelajaran Fisika.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-03
How to Cite
Anisah, R. N., Ashari, A., & Hakim, Y. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Appgeyser Berbasis Web Untuk Meningkatkan HOTS Peserta Didik Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 5(1), 30-36. https://doi.org/10.37729/jips.v5i1.1427
Section
Articles