Pengembangan E-Modul Interaktif Fisika Berbantuan Microsoft Sway Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik

  • Nafisa Ulfah Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Arif Maftukhin Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Raden Wakhid Akhdinirwanto Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: Bahan ajar, E-Modul, Interaktif, Berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan e-modul interaktif fisika berbantuan Microsoft Sway untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis . Penelitian ini menggunakan metode penelitian 4D (define, design, develop dan dissemination.). Subjek penelitian ini adalah  SMA Negeri 5 Purworejo. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar penilaian keterampilan berpikir kritis, angket respon , dan lembar keterlaksanaan modul ajar. Hasil penelitian diperoleh: 1) e-modul interaktif berbantuan Microsoft Sway valid dilihat dari dua validator, ahli materi mendapat nilai Aiken V sebesar 0.87, ahli media sebesar 0,83 sehingga dapat dipakai untuk uji coba terbatas dan tahap penerapan. (2) E-modul interaktif fisika berbantuan Microsot Sway praktis dilihat dari hasil angket respon  sebesar 95,83%, dan keterlaksanaan modul ajar sebesar 98%. (3) E-modul interaktif fisika berbantuan Microsoft Sway efektif berdasarkan hasil uji coba menggunakan paired sample t-test diperoleh nilai t hitung 0.000 < 0.05, yang artinya terdapat peningkatan keterampilan bepikri kritis setelah menggunakan E-modul interaktif fisika berbantuan Microsoft Sway. Dengan demikian, e-modul interaktif yang dikembangkan layak (valid, praktis, efektif) digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis .

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-31
How to Cite
Ulfah, N., Maftukhin, A., & Akhdinirwanto, R. W. (2024). Pengembangan E-Modul Interaktif Fisika Berbantuan Microsoft Sway Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 5(1), 37-43. https://doi.org/10.37729/jips.v5i1.4360
Section
Articles