Efektivitas Model Pembelajaran Fisika Berbasis Guided Inquiry dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemandirian Belajar Siswa SMA

  • Aji Akhsani Adam Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Siska Desy Fatmaryanti Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Ashari Ashari Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Guided inquiry, Kemandirian belajar, Model pembelajaran, Pemahaman konsep

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas model pembelajaran fisika berbasis guided inquiry dalam meningkatkan pemahaman konsep dan kemandirian belajar siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol yang berjumlah 27 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan di kelas eksperimen oleh guru dan siswa pada pertemuan kedua adalah 98% dan 95% dengan kategori sangat baik, sedangkan pada pertemuan ketiga adalah 98% dan 97% dengan kategori sangat baik; (2) peningkatan pemahaman konsep siswa di kelas eksperimen cukup tinggi dengan skor N-gain pretest-posttest sebesar 48% yang termasuk kategori sedang dan nilai effect size sebesar 1,12 yang termasuk kategori besar; (3) peningkatan kemandirian belajar siswa di kelas eksperimen cukup tinggi dengan skor N-gain pada aspek semangat belajar, berani dan inisiatif, percaya diri, dan bertanggung jawab adalah sebesar 40%, 32%, 37%, dan 35% dengan nilai effect size sebesar 0,98 yang termasuk kategori besar; (4) respon minat siswa terhadap model pembelajaran fisika berbasis guided inquiry pada kategori sangat berminat sebesar 7%, pada kategori berminat sebesar 73%, pada kategori ragu-ragu sebesar 17%, pada kategori tidak berminat sebesar 3%, dan pada kategori sangat tidak berminat sebesar 0%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-04-28
How to Cite
Adam, A. A., Fatmaryanti, S. D., & Ashari, A. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Fisika Berbasis Guided Inquiry dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemandirian Belajar Siswa SMA. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 9(2), 13-18. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/193
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>