Pengaruh Model Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016

  • Munawaroh Munawaroh Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Siska Desy Fatmaryanti Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Ashari Ashari Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Generik sains, Inkuiri terbimbing

Abstract

Telah dilakukan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan
model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan generik sains siswa. Metodepenelitian yang
digunakanadalahmetodeeksperimensemudengandesainNonequvalent Control Group Design.Subjek penelitian
dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Purworejo tahun pelajaran 2015/ 2016 yang berjumlah 2
kelas dengan kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol berjumlah 27 siswa.Hasilanalisis data
menunjukkanbahwadengan menggunakan uji t dengan signifikan α = 0,05 pada keterampilan generik sains
sehingga diperoleh 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran fisika berbasis inkuiri
terbimbing memberi pengaruh terhadap keterampilan generik sains siswa kelas XI SMA Negeri 2 Purworejo tahun
pelajaran 2015/2016

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-04-28
How to Cite
Munawaroh, M., Fatmaryanti, S. D., & Ashari, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 9(2), 65-69. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/203
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>