Pengembangan Modul Fisika SMA Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mengoptimalkan Karakter Peserta Didik

  • Febri Hidyanto Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Sriyono Sriyono Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Nur Ngazizah Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Karakter, Kearifan lokal, Modul fisika

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan untukmengetahui kelayakan modul fisika berbasis kearifan lokal dalam mengoptimalan karakter peserta didik.Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan 4-D yaitu Define, Design, Develop, dan Desseminate.Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Wadaslintang dengan subjek penelitian berjumlah 27 peserta didik.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes, sebelum instrument digunakan dalam penelitian terlebih dahulu dilakukan validasi sehingga instrument tersebut layak digunakan.Modul fisika berbasis kearifan lokal yang dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan baik dengan hasil validasi modul dari tiga validator yaitu dua dosen ahli dan guru fisika mendapatkan nilai secara keseluruhan sebesar 3,22,dengan percentage agreementsebesar 94% sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran pengoptimalan karakter peserta didik terhadap modul fisika berbasis kearifan lokaldikategori sangat baik dengan persentase 86%. Dengan demikian, modul fisika berbasis kearifan lokal yang dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan baik dan layak digunakan dalam pembelajaran serta dapat mengoptimalkan peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-09-30
How to Cite
Hidyanto, F., Sriyono, S., & Ngazizah, N. (2016). Pengembangan Modul Fisika SMA Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mengoptimalkan Karakter Peserta Didik. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 9(1), 24-29. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/211
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>