Aplikasi Model Performance Assessment Untuk Melihat Ketelitian Dan Kekritisan Siswa Pada Kegiatan Praktikum Sma Negeri 5 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2013/2014

  • Amanah Khusni C.L Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Siska Desy Fatmaryanti Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Sriyono Sriyono Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Performance Assessment, Teliti, Kritis

Abstract

Telah dilakukan penelitian evaluasi model CIPP untuk menghasilkan perangkat performance assessment (penilaian kinerja) untuk melihat ketelitian dan kekritisan siswa pada kegiatan praktikum fisika. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 5 Purworejo yang berjumlah 20 siswa tahun pelajaran 2013/ 2014. Materi yang di aplikasikan adalah suhu dan kalor. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif, sedangkan analisis data dengan Analisis Deskriptif Persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rerata skor hasil validasi oleh 3 validator sebesar 3,30 dengan kategori “baik” dan dengan sedikit revisi sesuai saran dari validator. Rerata keterlaksanaan praktikum dengan menggunakan teknik analisis data Deskriptif Persentase dari dua observer sebesar 94% dengan kategori “baik”. Ketercapaian hasil performance assessment untuk melihat ketelitian dan kekritisan yaitu sebesar 85% dengan nilai 3,40. Dengan demikian performance assessment untuk melihat ketelitian dan kekritisan siswa kelas X dapat digunakan sebagai alternatif penilaian kinerja pada tingkat SMA.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-09-30
How to Cite
Khusni C.L, A., Fatmaryanti, S. D., & Sriyono, S. (2014). Aplikasi Model Performance Assessment Untuk Melihat Ketelitian Dan Kekritisan Siswa Pada Kegiatan Praktikum Sma Negeri 5 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2013/2014. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 5(1), 11-14. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/396
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>