Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Siswa Kelas X SMK Widya Kutoarjo Tahun Pelajaran 2013/2014
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran sains (Fisika), sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menerapkan metode inkuiri Khususnya mata pelajaran fisika pada siswa kelas X SMK Widya Kutoarjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Widya Kutoarjo yang berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, metode tes siklus, dan metode angket. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan strategi pembelajaran inkuiri dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas X SMK Widya Kutoarjo. Peningkatan motivasi belajar tersebut ditunjukkan oleh adanya peningkatan nilai prosentase angket motivasi blajar yaitu sebelum dikenakan tindakan (kondisi awal) motivasi belajar terhadap pembelajaran fisika yaitu sebesar 60,27%, setelah dikenai tindakan pada siklus I motivasi belajar terhadap pembelajaran fisika meningkat menjadi 69,06%, dan pada siklus II prosentase motivasi naik menjadi 78,40%. Dengan demikian metode pembelajaran inkuiri dapai meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X SMK Widya Kutoarjo khususnya dalam mata pelajaran Fisika.