PENERAPAN MEDIA AUDIO VIDEO SISTEM REM CAKRAM SEPEDA MOTOR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui minat belajar siswa pada pembelajaran sistem rem cakram sepeda motor. (2) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan minat belajar siswa setelah penerapan media pembelajaran audio video sistem rem cakram sepeda motor. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas jenis kuantitatif. Alur penelitian terdiri dari perencanaan- pemberian angket (pre-test)-pemberian perlakuan (treatment)- pemberian angket (post-test). Subjek penelitian adalah kelas XI TBSM di SMK Muhammadiyah Purwodadi tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan media audio video sistem rem cakram sepeda motor dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas XI TBSM di SMK Muhammadiyah Purwodadi. Minat belajar siswa meningkat yang awalnya (sebelum treatment) hanya 71,92% meningkat menjadi 84,15% (setelah treatment). Penelitian tersebut hanya dilakukan dengan satu siklus, karena minat belajar siswa sudah meningkat melebihi indikator keberhasilan.
References
Cecep K. dan Bambang S. (2011), Media Pembelajaran, Bogor: Ghalia Indonesia.
Fathurrohman, Muhammad.2017.Belajar dan Pembelajaran Modern. Yogyakarta. Garudhawaca.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352
Suyitno, S. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan Tindakan kelas, eksperimen dan R & D (1st ed.). Bandung: ALFABETA.
Suyitno, S. (2015). Pengukuran Teknik Otomotif. Yogyakarta: K-Media.
Suyitno, S. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VIDIO PADA MOTOR BAKAR 4 LANGKAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, (April), 19–34.
Suyitno, S., Pardjono, P., & Sofyan, H. (2017). Work Based Learning Terintegrasi Konsep, strategi dan implementasi dalam pendidikan kejuruan. Yogyakarta: K-Media.
Suyitno, S., & Pardjono, P. (2018). INTEGRATED WORK-BASED LEARNING ( I-WBL ) MODEL DEVELOPMENT IN LIGHT VEHICLE ENGINEERING COMPETENCY. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(1), 1–11.
Suyitno, S., Widianto, I., & Suryaneta, B. M. (2018). Development of Learning Media for The Course of Two-Stroke Gasoline Motors to Improve Students ’ Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 24(1), 83–90. https://doi.org/10.21831/jptk.v24i1.18008
Slameto. 2013. Belajar dan faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Renika Cipta.