Pengaruh Model Pembelajaran Siklus Belajar Empiris Induktf (SBEI) Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Fisika

  • Linda Kristianti Dewi Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Eko Setyadi Kurniawan Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Arif Maftukhin Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Hasil belajar, Sikap ilmiah, SBEI

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran siklus belajar empiris induktif terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar fisika siswa SMA kelas X.. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode cluster random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 32 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket sikap ilmiah siswa dan tes hasil belajar yang masing-masing sudah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda Analisis data menggunakan deskriptif persentase. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t dengan α=0,05 menunjukkan (1) thitung=7,12 > 1,998 artinya H0 ditolak dan H1 diterima (thitung  DK). Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Siklus Belajar Empiris Induktif lebih berpengaruh terhadap hasil belajar Fisika. (2) pada sikap ilmiah siswa diperoleh thitung 4,09 > 0,156 (thitung>ttabel) keputusan uji H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran siklus belajar empiris induktif berpengaruh terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar siswa kelas X pada pokok bahasan alat optik SMA Negeri 5 Purworejo.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-29
How to Cite
Dewi, L. K., Kurniawan, E. S., & Maftukhin, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Siklus Belajar Empiris Induktf (SBEI) Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Fisika. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 1(1), 8-12. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jips/article/view/572
Section
Articles