Implementasi Model Penilaian Kinerja dengan Teknik Peer And Self Assessment pada Kerja Laboratorium Fisika SMA
Abstract
Telah dilakukan penelitian deskriptif untuk mengetahui: (1) tingkat kemampuan siswa dalam melakukan penilaian kinerja dengan teknik peer and self assessment, (2) tingkat ketercapaian aplikasi model penilaian kinerja dengan teknik peer and self assessment yang digunakan untuk menilai aspek psikomotorik pada kerja laboratorium siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Buluspesantren dengan sampel berjumlah 34 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sample. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis kemampuan siswa dalam melakukan self assessment diperoleh sebanyak 68% siswa memiliki kategori cukup, sedangkan 32% siswa memiliki kategori baik. Kemampuan siswa dalam peer assessment diperoleh sebanyak 88% siswa memiliki kategori cukup sedangkan 12% siswa memiliki kategori baik. Hasil analisis data diperoleh rerata kelayakan instrumen penilaian kinerja sebesar 3,21 dengan intepretasi baik. Ketercapaian respon siswa terhadap instrumen penilaian kinerja yang diterapkan sebesar 82 % dengan intepretasi baik. Rerata respon siswa adalah 3,26 dengan intepretasi baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Buluspesantren memiliki kemampuan dalam melakukan penilaian kinerja dengan teknik peer and self assessment, sehingga penilaian tersebut dapat diterapkan untuk menilai kinerja siswa pada kerja laboratorium.