Penerapan Smart Farming Dalam Pembelajaran Untuk Melatih Kemandirian Bagi Siswa Sekolah Luar Biasa
Abstract
Beberapa permasalahan yang terjadi di SLB pada umumnya juga terjadi di SLB Muhamamdiyah Kutoarjo yaitu keterbatasan fasilitas, sumber daya manusia yang terbatas, dan kesulitan dalam melatih kemandirian siswa. Pemanfaatan Internet of Things (IoT) dalam kegiatan proyek berkebun melalui teknologi smart farming di dalam pembelajaran belum banyak dikembangkan terutama di SLB. Tujuan kegiatan ini yaitu melatih kemandirian dan literasi digital pada siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) ini akan diklasifikasikan menjadi 3 level yang terdiri dari kemampuan mendistribusikan (mengkomunikasikan) isi pesan kepada orang lain, berpartisipasi dan berkolaborasi. Kegiatan pengabdian ini dilaksanalan pada bulan Juli hingga Oktober 2023. Pelaksanaan kegiatan ada 3 tahapan, yaitu analisis, pengembangan dan implementation, dengan melibatkan secara aktif guru maupun siswa. Berdasarkan hasil observasi ada peningkatan dari ketiga aspek kemandirian siswa, sehingga pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dapat disimpulkan bahwa pengintegrasian smart farming dalam pembelajaran di SLB yang dilakukan dalam bentuk kegiatan pembiasaan bagi siswa dapat melatih kemandirian para siswa.
Downloads
Copyright (c) 2024 Siska Desy Fatmaryanti, Eko Setyadi Kurniawan, Yusro Al Hakim, Didik Widiyantono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.